TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

SNIC Rilis Hasil Survei Pilkada Wajo,Jika Seminggu Lagi Pemilihan Paslon AR-RAHMAN Tumbangkan PAMMASE



INSTINGJURNALIS.COM Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 di Kabupaten Wajo gaungnya semakin terasa mengingat waktu pencoblosan sisahkan waktu satu bulan lebih,Fenomena tersebut ditunjukkan dengan persaingan dua kandidat bakal pasangan calon (paslon) Bupati Wajo 2024 yang juga masih dinamis.


Untuk mengetahui agar lebih komprehensif, lembaga penelitian kebijakan dan opini publik yang bersifat non-profit,SNIC pun melakukan rilis hasil penelitian independennya.


Melalui Direktur peneliti lapangannya Zul Nawir.S.Psi. menjelaskan bahwa terdapat beberapa temuan menarik dalam survei lapangan dipilkada Kabupaten Wajo. Pada aspek popularitas, kata dia, paslon Pilkada Wajo 2024 PAMMASE No.2 memiliki popularitas terbilang tinggi yaitu sebesar 73,9% karena posisi incumbent dibandingkan rivalnya AR-RAHMAN No.1 dengan tingkat popularitasnya hanya 67,6%.


"Sementara temuan survei pada aspek Popularitas dibeberapa bulan kemarin pasangan PAMMASE lebih unggul dibandin rivalnya itu karena kewajaran karena Amran diposisi incumbent,tapi itu sebatas  tenaran dan tidak berarti bahwa tingkat keterpilihannya melampaui AR-RAHMAN dimana beberapa minggu ini massif on the track"ungkapnya.


Tetapi dari sisi minat ketertarikan terhadap pasangan figur di pilkada Wajo peneliti senior ini menjelaskan bahwa pasangan AR-RAHMAN lebih diminati dan mendominasi voter memilih No urut 1 dikarenakan masyarakat penasaran dengan akan realisasi program politik yang akan dilakukan oleh pasangan kandidat tersebut,pasalnya masyarakat mulai merasakan efek negatif dari kebijakan pasangan PAMMASE sebelumnya saat memimpin Wajo dinilai gagal membawa perekonomian kota Sengkang lebih baik.


"kalau dari segi akseptabilitas lebih condong kepasangan AR-RAHMAN No urut 1 karena penerimaan dan kecocokkan,kepantasan yang merupakan konsep yang subyektif sehingga suatu hal dapat diterima oleh publik dan  paslon AR-RAHMAN memiliki tingkat akseptabilitas yang lebih tinggi yaitu sebesar 88,1%, dibandingkan pasangan PAMMASE dengan tingkat akseptabilitasnya hanya 64,8%," ujar Direktur Eksekutif SNIC.


Kembali dia mengatakan,elektabilitas paslon AR-RAHMAN dinilai pasangan yang pas sehingga mempengaruhi poin elektabilitasnya meroket,sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wajo 2024 semakin tak terbantahkan dengan poin hasil survei menunjukkan bahwa pasangan AR-RAHMAN No urut 1 ini memperoleh minat keterpilihan hingga 56,2% dari jumlah pemilih.


"kalau tingkat keterpilihan pasangan AR-RAHMAN meninggalkan jauh pesaingnya capai angkat minat 44,9 %,sedangkan paslon Bupati PAMMASE, yang memperoleh peminat hanya 33,3% dan sisanya 10,5% belum menentukan pilihan," terang dia.


Lebih lanjut jika seminggu lagi pemilihan Kepala Daerah digelar bisa dipastikan bahwa pasangan AR-RAHMAN capai finish dengan mudah dari simulasi pertanyaan terbuka, dengan pilihan Top of Mind hasilnya tingkat elektabilitas paslon pasangan AR-RAHMAN di prediksi capai adalah 43,7%, sedangkan PAMMASE hanya mendapat 30,4% serta yang belum memutuskan untuk memilih terdapat 26,9% dari Jumlah Pemilih.


Sekedar diketahui bahwa jumlah pemilih di Kabupaten Wajo capai angka 293.827,dengan jumlah 14 Kecamatan,190 Desa,Kelurahan.




Penulis : Lukman Sardy

Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP 

Komentar0

Type above and press Enter to search.