TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Adik Menteri Pertanian Yang Dikenal Berpengaruh Di Sulsel, Dilapor Polisi Diduga Nipu



INSTINGJURNALIS.COM Muh.Whiliadi bersama rekannya Andi Nurlia Sulaiman yang merupakan adik Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dilapor di Polda Sulsel karena diduga tipu kontraktor senilai Rp.1.075.000.000.dengan modus janji proyek jalan saat Andi Sudirman Sulaiman jabat sebagai Gubernur Sulsel.


Hal itu diketahui melalui surat tanda penerimaan laporan nomor LP/B/875/X/2024/SPKT/POLDA SULAWESI SELATAN tertanggal 4 Oktober 2024 seperti dalam petikan dari surat tanda penerimaan laporan polisi tersebut.


“M. Rais Petta Paladeng (52) telah melaporkan dugaan tindak pidana penipuan/perbuatan curang UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP sebagaimana dimaksud pasal 478 KUHP dan atau 372 KUHP yang terjadi di jalan racing center dengan titik koordinat Karampuang RW -, RT – Panakukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 19 Mei 2019,”


Di jelaskan dalam surat resmi laporan itu bahwa pelapor sebagai korban diatas merasa ditipu atau penggelapan dana miliaran miliknya,yang berawal di bulan Mei 2019 lalu.


Korban sebelumnya berusaha persuasif terhadap terlapor dengan berusaha menghubungi terlapor dengan maksud dan tujuan agar dananya dikembalikan saat korban mengetahui bahwa paket proyek yang dijanjikan sebelumnya dari terlapor bukan milik korban (pelapor).


Adapun kronologi yang dituangkan dalam bentuk keterangan awal pelapor,terlapor memberitahukan kepada korban bahwa dirinya memenangkan suatu proyek pekerjaan jalan Nuhu – Beteleme, Luwu Timur.


“Akan tetapi proyek tersebut terlapor menawarkan proyek tersebut kemudian perlapor menyerahkan uang sebesar Rp 1.075.000.000 kepada terlapor karena meyakini bahwa dirinya akan diberikan proyek dari terlapor"


"Berselang beberapa hari, korban menelusuri perusahaan yang akan mengerjakan proyek tersebut sesuai dengan penyampaian terlapor, dan setelah dua minggu kemudian korban mendapatkan informasi bahwa perusahaan yang terlapor sebutkan kepada korban tidak benar untuk memenangkan mengerjakan proyek tersebut sejak saat itu korban meminta kembali uang/dana miliknya saya sudah diserahkan ke pihak terlapor dan  keberatan merasa dirugikan Rp.1.075.000.000 (satu milyar tujuh puluh lima juta rupiah) sehingga melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian guna proses hukum lebih lanjut,” Demikian dikutip dari surat laporan polisi itu.


Awak media telah menghubungi korban Rabu petang ini (9/10). Kepada media (Korban), mengakui laporan. Untuk diketahui korban merupakan pendiri partai gerindra Sulawesi Selatan tahun 2007 silam.



“Benar telah kami laporkan yang bersangkutan,” singkat Ketua Umum IKA Politeknik Ujung Pandang itu diujung telpon WhatsApp miliknya dari sejumlah Media.


Kepada media korban mengaku bahwa Andi Nurlia Sulaiman adalah saudara dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Andi Sudirman Sulaiman mantan Gubernur Sulsel yang memiliki pengaruh di Sulsel.


Andi Nurlia Sulaiman yang diketahui merupakan adik dari Mentan RI, Andi Amran Sulaiman secara resmi dilaporkan ke Mapolda Sulawesi Selatan dengan kasus penipuan.


Terpisah guna dimintai tanggapannya salah satu calon Bupati Bone Andi Asman Sulaiman diketahui juga saudara terlapor, memilih bungkam. Chat WhatsApp yang disampaikan tak kunjung dibalas.


Demikian pihak Polda Sulsel melalui pesan konfirmasi awak media ke Humas Polda SulSel Kombes Didik Supranoto belum menjawab sampai berita ini diturunkan.



Penulis : Lukman Sardy

Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP 

Komentar0

Type above and press Enter to search.