TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Hendak Kembali Merangkai Histori dan Kampanyekan Obyek Wisata, Muzayyin Gelar Kejuaraan Berkuda di Sinjai


INSTINGJURNALIS.COM Kejuaraan Daerah (Kejurda) Berkuda di Kabupaten Sinjai pada 1-4 Agustus 2024 mendatang yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal berlangsung di pantai Marana.


Ratusan kuda akan memeriahkan even bertaraf provinsi, ini. Sebelumnya kejuaraan berkuda ini direncanakan dilaksanakan di lintasan Stadion H. Andi Bintang. Namun, dari hasil kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama KONI, Askab PSSI, pengcab PASI, dan pelaksana kegiatan sepakat untuk memindahkan venue-nya di area pesisir Pantai Marana, Desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur.


“Kami sangat menghargai saran dan masukan dari semua pihak, kami juga sangat tidak ingin bersinggungan dengan cabor lainnya, pun demikian dari para pemerhati olahraga sepakbola dan atletik, olehnya kami mengambil langkah taktis ini," ungkap Ketua Panita Kejurda Pordasi Sulsel, Haris Malewa.


Ketua Pordasi Sulsel, Muzayyin Arief, menegaskan bahwa keputusan ini diambil untuk memastikan kejuaraan tetap dapat terlaksana di Kabupaten Sinjai sesuai jadwal.


“Kabupaten Sinjai memiliki sejarah panjang dengan olahraga berkuda. Dengan memindahkan venue ke Pantai Pasimarannu, kami berharap dapat memperkenalkan kembali olahraga ini kepada masyarakat sekaligus mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi daerah,” ungkap Muzayyin yang juga bakal calon Bupati Sinjai.


Secara terpisah, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sinjai, Saifullah Ahmad menyampaikan pada dasarnya pihaknya mendukung pelaksanaan Kejurda Berkuda ini.


“Kami tentunya mendukung pelaksanaan kejuaraan olahraga apapun di Kabupaten Sinjai apalagi kegiatan ini berskala provinsi, namun perlu disikapi secara bijak terkait penentuan lokasi pelaksanaan kegiatannya, tentunya harus sesuai peruntukannya," ujarnya, Rabu (17/07/2024).


Pihaknya juga telah memediasi panitia pelaksana dengan duduk bersama pengurus KONI Sinjai, Askab PSSI Sinjai dan Pengcab PASI Sinjai, serta melaporkan rencana pelaksanaan kejuaraan ini kepada pimpinan dalam hal ini Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa.


"Kami sangat mengapresiasi Pordasi Sulsel yang berinisiatif untuk memindahkan venue utama pelaksanaan kejuaraan ini yang semula direncanakan dilaksanakan di area Stadion H. Andi Bintang dipindahkan ke Pantai Pasimarannu Sinjai Timur," sambungnya.


Sekedar diketahui, Kejurda Berkuda Pordasi Sulsel di Kabupaten Sinjai akan diikuti oleh 15 kontingan kabupaten/kota serta pengukuhan 4 kabupaten pembentukan Pordasi baru guna persiapan Pra-Porprov 2025. (*)



Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP 

Komentar0

Type above and press Enter to search.